Perkembangan Pemikiran Filsafat dan Hukum di Indonesia dari Masa ke Masa

WEBINAR PERKEMBANGAN FILSAFAT DAN HUKUM DARI MASA KE MASA

 

Fakultas Hukum UKDC kembali mengadakan sebuah Webinar di hari Jumat, 23 September 2022. Webinar kali ini mengambil tema “Perkembangan Filsafat Dan Hukum Dari Masa Ke Masa”.

Webinar kali ini dibawakan oleh dua orang narasumber, yaitu:

  1. Bapak Kristoforus Sri Ratulayn Kino Nara, S.Fil., M.Phil selaku Dosen di Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya
  2. Bapak Victor Imanuel W. Nalle, S.H., M.H selaku Dosen di Fakultas Hukum Unika Darma Cendika Surabaya

Webinar dimoderatori oleh Bapak Petrus Richard Sianturi, S.H., M.H , salah seorang dosen dari Fakultas Hukum Unika Darma Cendika.

Pertama-tama, webinar dibuka dengan sambutan Kaprodi Ilmu Hukum UKDC, Ibu Dian Ety Mayasari, S.H., M.Hum. Pemaparan webinar terbagi dalam dua sesi.  Sesi pertama dibawakan oleh Pak Kristoforus, dan sesi kedua dibawakan oleh Bapak Victor.

Dalam pemaparannya, Bapak Kristoforus memaknai filsafat sebagai kebijaksanaan yang rasional, yang dapat diterima oleh akal dan logis. Pendek kata, filsafat bisa dimaknai sebagai way of thinking dan way of life. Kemudian di Indonesia sendiri, titik temu dari filsafat dan hukum tercermin dalam Pancasila, dimana ketika perumusannya, digunakan dua istilah/pemahaman yang berkaitan dengan filsafat, yaitu: a) Philosopnische Groundslag (filsafat negara), b) Weltanshcauung (world-view).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, pemaparan kedua adalah sesi dari Bapak Victor. Topik yang diangkat adalah “Refleksi Hukum dalam Konteks Hidup Berkelanjutan”. Di mana fokusnya ada pada persoalan terkait hukum tata ruang yang memihak, penggunaan hukum sebagai alat pendorong kemajuan, dan minimnya legitimasi (prosedural, substantif, komunikatif). Selain persoalan-persolan tersebut, Bapak Victor juga berusaha mengangkat tiga isu penting.  Isu penting tersebut memiliki kaitan dengan pembangunan yang berkelanjutan, khususnya yang berkaitan dengan lahan atau ruang kota, perebutan ruang, komodifikasi ruang, dan segrerasi ruang. (ATNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.