WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI DUKUNGAN PENINGKATAN PUBLIKASI BAGI DOSEN FH UKDC

Sebagai bagian bentuk perwujudan tridarma perguruan tinggi, khususnya publikasi artikel ilmiah bagi dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika, maka pada hari Jumat 25 Maret 2022 diadakan workshop Penulisan Artikel Ilmiah secara daring melalui platform Zoom. Workshop ini menghadirkan narasumber Dr. Yustina Trihoni Nalesti, S.H., M.Hum. yang merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Dalam pemaparannya narasumber yang sudah menghasilkan publikasi berupa buku dan jurnal internasional bereputasi ini menyampaikan bahwa yang utama dalam penulisan itu selain memenuhi ketentuan dari jurnal yang akan dituju sebagai tempat publikasi, ada beberapa hal yang harus diutamakan.

Bagian penting dalam penulisan artikel ilmiah adalah judul. Persoalan yang ingin dibahas dalam penulisan artikel ilmiah ini harus sudah tampak dalam judul. Persoalan yang menjadi ide penulisan ini akan membuat penulis bisa bersikap dalam menentukan metode yang akan dilakukan untuk mendukung penulisannya. Selain itu dibutuhkan hipotesa pribadi yang akan diuji berdasarkan fakta dan keilmuan yang ditekuni. Gambaran abstrak dalam artikel ilmiah haruslah menunjukkan adanya latar belakang, ketidaksesuaian peraturan hukum yang diangkat menjadi permasalahan dalam penulisan, tujuan penulisan dan hasil atau kesimpulan dari penulisan yang dilakukan.

Penulisan artikel ilmiah membutuhkan sebuah sistematis, artinya tulisan harus runtut dengan logika berpikir yang masuk akal agar bisa fokus  arah penulisannya sehingga bisa diketahui dasar penulisannya.  Penulisan artikel ilmiah yang hendak dipublikasikan sebaiknya memiliki topik yang aktual sehingga tidak ada duplikasi, plagiarisme ide dan kesamaan data dengan menggunakan rujukan 75% dari jurnal internasional, serta ada penemuan baru dari penulisan artikel ilmiah tersebut.

Victor Imanuel W. Nalle, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik yang memberikan closing statement bahwa harapan dari pelaksanaan workshop ini bagi dosen-dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika adalah adanya peningkatan penulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam SINTA 2 dan jurnal internasional bereputasi sehingga bisa mempercepat kenaikan jabatan fungsional . Berprofesi sebagai dosen harus bisa membangun rekam jejak akademik dengan melakukan penulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan sehingga bisa berpeluang mendapatkan hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek maupun lembaga-lembaga lain . Dalam membangun rekam jejak ini sebagai dosen harus banyak membaca, berpikir kritis, jangan takut dalam melakukan penulisan jika hendak menggunakan pendekatan dengan ilmu yang lain, dan tidak harus doktrinal agar peluang diterima untuk dipublikasikan semakin besar.

Dosen FH UKDC mengikuti pemaparan materi workshop Penulisan Artikel Ilmiah
Sesi foto bersama Narasumber dan dosen FH UKDC