MAHASISWA FH UKDC RAIH JUARA 3 DALAM ESSAY COMPETITION WIDYA KARYA FESTIVAL

SURABAYA, JAWA TIMUR – Yohanes Baptista Cahaya Misjuan, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika (FH UKDC) angkatan 2018, berhasil meraih Juara III dalam kompetisi esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Karya Malang, 21 Mei 2021. Kompetisi yang diikuti 30 tim ini menjadi salah satu bagian dari Widya Karya Festival dalam rangka Dies Natalis kampus tersebut.

Yohanes Baptista dalam kompetisi tersebut mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Kodifikasi Ekosida dalam Norma Hukum Positif sebagai Perwujudan Hak Asasi Manusia atas Lingkungan Hidup”. Penyusunan makalah tersebut dilatarbelakangi keresahan terhadap kerusakan lingkungan hidup secara masif. Jika pemusnahan sistematis terhadap kelompok manusia tertentu atau genosida dianggap sebagai pelanggaran HAM berat, maka begitu pula seharusnya jika kejahatan tersebut ditujukan pada lingkungan hidup. Gagasan inilah yang dituangkan Yohanes Baptista dalam makalahnya.

Pada kompetisi esai ini gelar Juara I diraih Universitas Jember, sedangkan Juara II diraih Universitas Indonesia. Selain Yohanes Baptista, tim lain dari FH UKDC beranggotakan Kharisma Rafi’ani dan Alviano Boyko menempati peringkat 5 atau Harapan II. (*)